Strategi dan Kebijakan

                                     STRATEGI DAN KEBIJAKAN


STRATEGI

Dalam melaksanan misi Dinas Lingkungan Hidup dilakukan dengan strategi sebagai berikut:

1. Optimalisasi otoritas penyelenggaraan tugas dan fungsi Dinas Lingkungan Hidup dengan menggunakan sumber dana secara efektif dan efesien serta berdayakan seluruh staf aparatur dengan menggunakan instrumen regulasi dan kewenangan yang dimiliki, bangun apresiasi dan persepsi masyarakat dan seluruh komponen pelaku usaha guna memperkecil resiko dan dampak yang akan timbul akibat berbagai aktifitas yang berpotensi menimbulkan pencemaran lingkungan hidup.

2. Tingkatkan upaya pembinaan, pemantauan dan pengendalian berbagai aktifitas yang berpotensi menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan hidup melalui penerapan instrumen regulasi yang dimiliki, bangun peran serta masyarakat dan perbesar tanggung jawab pelaku usaha berbagai aktifitas dan industri untuk bersama-sama. Meningkatkan kepedulian serta menjaga kelestarian lingkungan hidup secara berkelanjutan.

3. Kembangkan dukungan dan kemitraan dengan peluang usaha di berbagai aktifitas lingkungan. Perkuat kelembagaan dan keiukut sertaan masyarakat, optimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada melalui dukungan dana provinsi dan pusat guna meminimalisasi berbagai kelemahan dan permasalahan lingkungan hidup.

4. Optimalkan sumber daya yang dimiliki, bangun kebersamaan dengan koordinasi lintas sektor dan instansi terkait, guna meminimalisasikan dampak negatif terhadap komponen lingkungan hidup.

 KEBIJAKAN

Kebijakan adalah pedoman pelaksanaan tindakan-tindakan tertentu yang merupakan kumpulan keputusan . Dalam pelaksanaan tugas Dinas Lingkungan Hidup melakukan kebijakan sebagai berikut:

1. Peningkatan profesionalisme Aparatur, para pelaku usaha industri dan masyarakat yang terkait dengan aktivitas lingkungan hidup

2. Penguatan kapasitas kelembagaan dan sumber daya manusia sebagai pelaksana mandat institusi

3. Peningkatan pelayanan sistem informasi lingkungan hidup dan partisipasi pelaku usaha industri dan masyarakat serta pelestarian sumber daya alam melalui keonservasi dan rehabilitasi

4. Mengoptimalkan pengendalian dampak lingkungan melalui pemantauan, pemilihan dan pengawasan pelaksanaan AMDAL, UKL/UPL dan peraturan Perundang-undangan.